Polri Resmikan Kartu INAFIS

INAFIS Polri Resmikan Kartu INAFISMabes Polri meresmikan pembuatan Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS). Melalui sistem ini, satu orang penduduk hanya memiliki satu identitas di database kepolisian. Sehingga pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa lebih mudah.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri Sutarman mengatakan INAFIS memegang peran strategis dalam pelayanan masyarakat di kepolisian. “Nantinya diharapkan masyarakat bisa mengurus berbagai hal hanya dengan satu kartu saja. Semua identitas seseorang ada di dalam satu kartu,” ujarnya di Polres Jakarta Selatan.

Ditegaskan Sutarman, kartu INAFIS bertujuan memudahkan layanan administrasi masyarakat. Bagi kepolisian, layananan ini juga menjadi sumber penerimaan negara bukan pajak (PNBP), sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif PNBP di Lingkungan Kepolisian RI.

Kartu INAFIS memuat nomor rekening, sidik jari, catatan kriminal, surat nomor kendaraan bermotor, nomor paspor, nomor KTP, dan nomor SIM seseorang. Sutarman yakin INAFIS akan memberikan manfaat ganda bagi masyarakat. Salah satunya penggunaan INAFIS untuk membayar denda tilang. “Setelah diputus denda, maka negara diberi kewenangan untuk mendebet dari rekening yang dimiliki, sehingga langsung ke negara. Karena itu tidak terjadi bentuk penyimpangan yang selama ini terjadi,” jelas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

151505 kartu inafis 300 225 Polri Resmikan Kartu INAFISInstansi lain seperti KPU juga bisa memanfaatkan data penduduk di INAFIS. Ini bisa mencegah pemilih ganda. “Begitu indahnya kalau identifikasi ini seluruhnya bisa kita lakukan dan kita akan mengurangi bentuk penyimpangan yang terjadi,” ujarnya.

Pernyataan senada diungkapkan Brigadir Jenderal Bekti Suhartono. Kepala Pusat INAFIS Bareskrim ini mengatakan kartu INAFIS berbeda dengan KTP elektronik (e-KTP). INAFIS memuat catatan kriminal, sedangkan KTP elektronik tidak. Perbedaanya lainnya soal kelengkapan data yang terdapat dalam kartu INAFIS. Berbeda dengan KTP elektronik, Kartu INAFIS dapat digunakan masyarakat untuk berbagai kepentingan. “INAFIS card lebih luas fungsinya, bukan cuma administrasi kependudukan tapi juga lainnya,” katanya.

Jenderal polisi bintang satu ini menjelaskan ada 41 titik pembuatan kartu INAFIS di tingkat Polres di Pulau Jawa. Di DKI Jakarta saja sudah tersebar di tiga wilayah. Jakarta Selatan memiliki 6 pos pembuatan, Jakarta Barat 9 pos, dan Jakarta Pusat 3 pos.

Lima ribu pembuat pertama INAFIS tidak akan dikenakan biaya. Untuk selanjutnya, dikenakan biaya sebesar Rp35 ribu. Namun Bekti mengakui Polri belum bisa memaksakan penduduk punya kartu INAFIS. Kewajiban membuat kartu INAFIS diterapkan terhadap masyarakat yang akan membuat SIM baru. Jadi, Anda yang akan mengurus SIM baru akan diwajibkan mengurus kartu INAFIS. “Ini sekali seumur hidup,” kata Bekti.

sumber: hukumonline.com

 Polri Resmikan Kartu INAFIS

Informasi yang ada di website saya tidak ditujukan sebagai suatu nasehat hukum. Saya tidak bertanggung jawab apabila anda menggunakan informasi yang berasal dari website saya untuk kepentingan pribadi dan/atau orang lain tanpa konsultasi dengan penasehat hukum (advokat). Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi. Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

facebook Polri Resmikan Kartu INAFIS twitter Polri Resmikan Kartu INAFIS linkedin Polri Resmikan Kartu INAFIS google plus Polri Resmikan Kartu INAFIS flickr Polri Resmikan Kartu INAFIS kaskus Polri Resmikan Kartu INAFIS 


(1202 kali dibaca)

6 Responses to “Polri Resmikan Kartu INAFIS”

  1. TEDY SUBRATA SH says:

    mas gimana caranya membuat kartu INAFIS tersebut mohon petunjuknya trima kasih

    • abdillah rifai says:

      di Inafis Bareskrim Mabes Polri,,atau di 41 titik pembuatan kartu INAFIS tingkat Polres di Pulau Jawa. Di DKI Jakarta saja sudah tersebar di tiga wilayah. Jakarta Selatan memiliki 6 pos pembuatan, Jakarta Barat 9 pos, dan Jakarta Pusat 3 pos :)

  2. aditya reza syahputra says:

    Apa sih Kegunaannya Pak Rifai .
    ^_^

  3. abdillah rifai says:

    Siapp kumendann Kartu INAFIS kegunaanya untuk memuat nomor rekening, sidik jari, catatan kriminal, surat nomor kendaraan bermotor, nomor paspor, nomor KTP, dan nomor SIM :)

  4. Fauzi Hamdani says:

    Klo d Polda selain Pulau Jawa sdh ada pa blom Kmdan :rate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco